Mengenal Lebih Dekat Venna Melinda Puteri Indonesia 1994

623
Mengenal-Lebih-Dekat-Venna-Melinda-Puteri-Indonesia-1994

Profil Puteri Indonesia 1994 Venna Melinda @vennamelindareal kelahiran Surabaya, 29 Juli 1972.Sarjana Ekonomi Universitas Trisakti.  Masa jabatan  Puteri Indonesia (17 April 1994 – 11 April 1995).

Sebelum terpilih menjadi Puteri Indonesia 1994 (dulu namanya Putri Indonesia), Venna Melinda sudah cukup tenar dengan perannya sebagai Priska di film Catatan Si Boy II (1988). Ia kemudian vacuum sebentar dari dunia acting untuk pindah ke Surabaya bersama orang tuanya dan melanjutkan sekolah di sana.

Pada tahun 1989 Venna kembali terjun ke dunia hiburan dan berhasil menjadi semifinalis di dua ajang pemilihan cover majalah remaja: Gadis Sampul (Top 60) dan Cover Girl Majalah MODE. Venna tidak melanjutkan kompetisi ke babak selanjutnya di Gadis Sampul dan memilih untuk berkompetisi di Majalah MODE namun tidak menang.

Pada tahun 1992 Venna mengikuti ajang Abang None (wakil Jakarta Barat 2) dan berhasil menjadi pemenang None Jakarta dengan pasangan tugasnya Abang Jakarta Ivan Fadillah (Jakarta Pusat 2). Pada tahun 1994 saat masih menjadi mahasiswi, Venna mengikuti pemilihan Puteri Indonesia (wakil DKI Jakarta) dan berhasil menjadi pemenang. Ia juga mendapat gelar Puteri Persahabatan. Juara 2 diraih oleh Irma Rahmayani Lubis wakil Sumatera Utara (Semifinalist Gadis Sampul 1993 / Juara Coverguest Aneka 1993 / Juara Wajah Femina 1995 (Gelar WF dicabut karena melanggar kontrak tampil untuk iklan kosmetik lain)). Juara 3 diraih oleh Valentina Tohir wakil dari Sumatera Selatan.

Dewan juri Puteri Indonesia 1994 diantaranya:

Mooryati Soedibyo – Pendiri Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia
Kusumadewi Sutanto – Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Puteri Indonesia
Inke Maris – Jurnalis
Irma Hardisurya – Miss Indonesia 1969 / wakil Indonesia di Miss International 1969 / Miss Asia Quest Indonesia 1970 (Miss Friendship)
Iwan Tirta – Maestro batik Indonesia
Setiawan Djodi – Seniman dan pengusaha
Chrys Kelana – Pemimpin redaksi RCTI
Darwis Triadi – Fotografer
Triawan Munaf – Seniman dan pengusaha
Okky Asokawati – Peragawati

Selama menjabat sebagai Puteri Indonesia, Venna berkesempatan untuk hadir sebagai observer di event-event selama karantina Miss Universe 1994 di Plenary Hall, Philippine International Convention Center, di Manila, Filipina. Pada masa itu Indonesia masih dilarang oleh pemerintah untuk ikut sebagai peserta di Miss Universe karena alasan penggunaan swimsuit di ajang tersebut. Malam final kontes yang diselenggarakan pada 20 Mei 1994 ini dimenangkan oleh Sushmita Sen dari India.

Setelah jabatannya sebagai Putri Indonesia berakhir, karier Venna terus menanjak. Di bawah naungan Multivision Plus Ia kembali ber-acting lewat sinetron Bella Vista 1 dan Bella Vista 2. Kesuksesannya berlanjut di sinetron-sinetron lain yang Ia bintangi, diantaranya: Bulan Bukan Perawan, Opera Jakarta, Tersanjung 5 dan Maha Pengasih.

Selain sibuk dengan kegiatan senam dan salsanya, Venna mencoba menjajaki dunia musik dengan meluncurkan album solo dengan nuansa latin “The Other Side of Me” pada 2004 dan album solo kedua “My Dedication” pada 2013 yang hasil penjualannya disumbangkan untuk komunitas anak jalanan se-jabodetabek.

Di tengah kesibukan lainnya sebagai ibu rumah tangga, bersama penulis Alberthiene Endah, Venna meluncurkan buku “Venna Melinda Guide to Good Living – Bugar dan Cantik ala Venna Melinda” pada Maret 2006.

Pada tahun 2009 Venna terjun ke dunia politik dengan menjadi Anggota DPR mewakili Jawa Timur VI pada periode 2009-2019. Venna menjadi bagian dari Komisi X DPR RI yang menangani bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga dan perpustakaan. Selama menjabat sebagai anggota DPR, Venna juga berkesempatan untuk berbicara di 59th Session of Comission On Status of Women (CSW) di New York, entitled Parliaments of Gender Equality and UN Women pada Maret 2015.

Saat ini Venna sudah mundur dari dunia politik dan fokus mengurus keluarganya. Ia juga aktif membagikan kegiatan pribadinya melalui sosial media dan channel youtubenya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here